Skip to content

CPU (Central Processing Unit)

Januari 9, 2015
  1. Pengertian

CPU ( Central Processing Unit) adalah suatu sentral control dari suatu system computer. CPU mempunyai beberapa fasilitas antara lain memberi address data dan program didalam main storage, mengambil dan memasukkan data, memproses data secara aritmatik dan logika, melaksanakan instruksi secara berturut-turut dan dapat merupakan instruksi-instruksi secara berturut-turut dan dapat merupakan penghubung antara main storage dan input/output device.

Strorage dapat didalam CPU namun dapat juga terpisah dari CPU. Selain itu pula General Register dan Poin Register dapat digunakan oleh programmer dan register-register ini sangat berguna dalam menerima data, menyimpannya digunakan untuk operasi fixed point, logic dan addressing. Control Register dapat mengolah control information dari operasi control system. Dua bagian penting pada CPU adalah Control Section dan Arithmetic Logic Unit (ALU).

Control Section secara langsung dapat mengambil instruksi-instruksi secara berturut-turut dan mengkoordinasikan pelaksanaan instruksi, serta mengambil data dari storage, ALU merupakan operasi Arithmatic dan Logic. [1]

  1. Pembagian ALU

Operasi Arithnatic dan Logic dibagi dalam 4 kelas:

  • a Decimal Arithmatic
  • b Fixed Point Arithmatic
  • c Floting Point Arithmatic
  • d Logic Operation

Masing-masing kelas berbeda didalam : Format Data, panjang Filed yang digunakan, macam register yang akan digunakan dan macam-macam operasi yang dikerjakan.

Decimal Arithmatic digunakan untuk aplikasi komersil dan dinyatakan dalam bilangan decimal dengan memakai tanda plus (+) untuk bilangan positif, sedangkan minus (-) untuk bilangan negatif . Data dalam bentuk decimal berasal dari Card Reader atau yang akan dicetak keluar melalui printer dinyatakan dalam bentuk zone decimal.

Fixed Point Arithmatic digunakan untuk operasi arithmetic dari data binary dan untuk menyatakan address dari storage, enam belas general register dapat menampung hasil operasi fixed point.

Floting Point Arithmatic digunakan didalam operasi matematika. Didalam IBM S/370, besarnya bilangan yang dimuat adalah antara 10-78 s/d 10-78.

Logic Operation dapat berupa operasi-operasi perbandingan, testing, translating (character ke character), editing dan moving logic data.

Disamping itu CPU juga dilengkapi dengan Time of Day Clock dan Interval Timer. Time of Day Clock digunakan untuk mengukur dan manyatakan waktu, yaitu hari,jam dan detik. [1]

  1. Komponen-Komponen CPU

Didalam perakitan CPU diperlukan beberapa komponen yang digunakan diantaranya:

  • a MB (MotherBoard / MainBoard)

Untuk sepintas pengertian MB (MotherBoard / MainBoard) adalah papan rangkaian utama pada computer dimana processor, memory dan perihal-perihal lainnya terpasang.

  • b Processor

Untuk processor memiliki banyak tipe, processor ini harus kompatibel dengan Mainboard karna bila tidak kompatibel maka tidak akan jalan/beroperasi.

  • c Memory /RAM (Random Acces Memory)

Untuk memory modul ini harus diperhatikan memory yang digunakan sesuai dengan Mainboard atau tidak karna beberapa tipe memory berbeda. Misalnya memory SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory), DDR-2 & DDR-3.

  • d VGA Card

Berfungsi untuk menampilkan gambar ke monitor / display. Disekarang ini VGA terbagi dalam dua jenis yaitu AGP danPCIexpress.

  • e Casing + Power Supplay

Untuk casing biasanya dijual satu paket dengan power supplay dengan berbagai merk dan tipe dengan kualitas bagus yang telah disediakan oleh pabrik.

  • f Disk Drive

Untuk membaca CD-R / CD-RW/ DVD-R / DVD-RW

  • g Hard Disk + Kabel

Berfungsi untuk menyimpan data dan untuk menginstall operating system dan program-program lainnya. [2]

Daftar Pustaka :

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: